Have an account?

Kamis, 13 Oktober 2011

Nama adalah Harapan

Semuanya ada disini - Beberapa hari lalu saya menerima email dari seorang teman. Isinya tentang seorang ayah di Amerika yang memutuskan untuk menambahkan 2.0, kode yang biasa dipakai dalam produk software, di belakang nama anaknya yang baru lahir. Unik, menunjukkan bagaimana dunia komputer sudah semakin dalam memasuki kehidupan mereka. 

Banyak cerita di balik proses kreatif orang tua memberi nama anaknya. Pemberian nama dengan kode software tadi hanya salah satunya. Orang tua lainnya mungkin punya cara sendiri untuk memberi nama anaknya. Ada yang bolak balik membuka buku berisi berbagai nama-nama indah, ada yang bertanya pada orang yang dianggap mengerti, ada yang memberi nama berdasarkan nama tokoh yang dikaguminya, bahkan ada juga yang memberi nama sesuai dengan kejadian alam yang terjadi ketika sang anak lahir.


Seorang yang saya kenal, menjelang kelahiran anaknya berniat membeli koran yang terbit dengan bonus pengumuman nama-nama peserta yang lulus UMPTN. Yang dilihat tentu saja bukan siapa yang masuk, karena seingat saya tidak ada anggota keluarganya yang mengikuti UMPTN ketika itu. Alasannya adalah, beliau ingin melihat nama-nama peserta yang masuk, siapa tahu ada nama yang cocok dan sesuai dengan kata hatinya.
Cara yang paling umum dilakukan berkait dengan pemberian nama adalah dengan menelusuri daftar nama-nama indah beserta artinya. Sumbernya bisa dari buku-buku atau dari situs di internet. Menarik juga menjelajahi dunia nama-nama anak ini. Banyak nama yang sebelumnya saya tidak tahu artinya, jadi lebih mengerti maknanya setelah melihat daftar itu. 

Menurut salah seorang ulama, pemberian nama yang baik adalah salah satu kewajiban orang tua. Dan diantara nama-nama yang baik yang layak diberikan adalah nama Muhammad. Sebagaimana sabda beliau yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim, dari Jabir ra dari Nabi saw beliau bersabda: namailah dengan namaku dan janganlah engkau menggunakan kunyahku.

Islam memandang ada keterkaitan antara sebuah nama dengan orang yang menyandang nama itu. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah saw: Aslam semoga Allah menyelamatkannya dan Ghifar semoga Allah mengampuninya (H.R Bukhari dan Muslim). Ibnu Al Qoyim berkata, barangsiapa yang memperhatikan sunah, ia akan mendapatkan bahwa makna-makna yang terkandung dalam nama berkaitan dengannya sehingga seolah-olah makna-makna tersebut diambil darinya dan seolah-olah nama-nama tersebut diambil dari makna-maknanya. 

Berkait dengan arti nama, seorang penyair Inggris berkata, apalah arti sebuah nama. Seorang teman pernah mengomentari ini dengan mengatakan, memangnya ada ya orang yang mau dipanggil ember? Komentar yang sederhana, tapi benar adanya. Umumnya orang akan merasa lebih nyaman bila dipanggil dengan panggilan yang baik. 

Bagi para orang tua, tugas yang mereka emban tidak berhenti hingga memberi nama yang berarti baik saja. Tapi tugas selanjutnya yang juga perlu diperhatikan berkait dengan nama adalah mendidik anak-anak mereka sesuai dengan namanya. Jika tidak, bisa jadi nama yang disandangnya akan menjadi sumber ejekan teman-temannya. Seorang anak yang diberi nama yang berarti pemberani, misalnya, tentu akan lebih baik bila dididik supaya anaknya tidak menjadi cengeng dan penakut.

Hal yang perlu diperhatikan orang tua ketika memberi nama selain makna yang terkandung di dalamnya adalah kesesuaian nama dengan jenis kelamin anak. Adalah suatu hal yang tidak boleh dilakukan bila orang tua mengetahui bahwa nama tersebut adalah nama seorang wanita kemudian diberikan pada seorang laki-laki, atau sebaliknya. Hal ini terkait dengan tasyabbuh (menyerupai) laki-laki dengan wanita atau sebaliknya, karena Rasulullah telah melaknat orang yang berbuat seperti itu. Secara umum, pemberian nama sesuai jenis kelamin juga menghindarkan anak dari peluang diejek teman-temannya kelak dan mempermudah pendataan.

Memberi nama, bisa jadi sebuah proses yang sulit-sulit gampang bagi para orang tua. Nama adalah harapan orang tua. Sebuah harapan agar kelak anak-anaknya dapat mewujudkan apa-apa yang menjadi cita-cita mereka. Bagi orang tua yang saat ini sedang menanti kelahiran anaknya, dan sedang berusaha mencari nama terbaik untuk sang anak, mudah-mudahan Allah SWT memberi petunjuk dan memberi kemudahan dalam proses menemukan nama terbaik.  Afiati eramuslim.com

1 komentar:

Jegamatz mengatakan...

semua orang tua pasti akan memberikan nama yang baik untuk anaknya,,
dan orang tua biasanya akan memberikan nama yang mengandung makna,doa,dan harapan

Posting Komentar

Agar mendapatkan backlink, ketika memberi komentar disarankan untuk menggunakan Name/URL