Have an account?

Selasa, 03 Juli 2012

PROPOLIS

TENTANG PROPOLIS 
PROPOLIS adalah produk lebah yang kaya akan zat-zat esensial yang sangat berguna bagi manusia. PROPOLIS diproduksi oleh lebah dari getah yang diambil dari bagian tumbuh-tumbuhan yang menghasilkan getah- terutama tunas tumbuhan- Getah inilah yang menjadi bahan dasar pembentuk PROPOLIS  Getah ini dibawa ke dalam sarang lebah oleh para lebah pekerja dan dicampur dengan wax (sejenis lilin) dan serbuk sari bunga. Dengan bantuan air liur lebah, campuran ini dibuat menjadi lentur, dan inilah PROPOLIS  PROPOLIS memiliki variasi warna antara coklat kehijauan dan coklat tua . Bagi para lebah, PROPOLIS merupakan zat penting yang sangat fundamental yang mereka perlukan untuk sterilisasi sarang lebah dari serangan bakteri, jamur dan penyakit. Telah diperkirakan bahwa 200.000 lebah madu menghasilkan 20 gram kandungan PROPOLIS setiap tahunnya. PROPOLIS yang telah siap ini mengandung 50-55% Getah, 5-10% serbuk sari bunga, 30% wax dan 10% Etheric Oil.
.
KANDUNGAN PROPOLIS 
Sampai saat ini penelitian ilmiah tentang kandungan dari PROPOLIS belumlah tuntas.
PROPOLIS pada saat ini diketahui kaya akan Vitamin, Terutama vitamin B-Komplex. Juga mengandung vitamin C, E dan H (Biotin) Mineral/UnsurKalsium, Zat Besi, Zink, Copper, Chrome Silizium, Vanadium dan Mangan. Asam amino essensial dan enzim Bioflavonoid atau biasa disebut vitamin P, Bioflavonoid merupakan zat yang paling penting dari PROPOLIS baik bagi lebah maupun bagi manusia. Bioflavonoid terdapat dalam jumlah yang banyak dalam PROPOLIS  , bahkan paling banyak dibandingkan dengan produk-produk lebah lainnya seperti madu, royal jelly dll. Zat inilah yang memberikan efek antibiotik natural yang terkuat dan berfungsi menyembuhkan atau sedikitnya mengurangi rasa sakit, meredakan radang, mengikat zat racun yang masuk ke dalam tubuh dan memperkuat sistim imunitas tubuh.
.
SEJARAH PROPOLIS 
Sejak puluhan abad yang lalu pada masa peradaban Yunani, Romawi dan Mesir kuno, 
PROPOLIS telah digunakan sebagai bahan alami unggul yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Para Pendeta di zaman Mesir kuno telah menggunakan PROPOLIS dalam ramuan obat-oabat mereka. Di Amerika, bangsa Indian dari suku Inca juga telah menggunakan PROPOLIS sejak zaman dahulu kala.
Kata 
PROPOLIS telah dikenal sejak zaman Yunani kuno, Dalam bahasa Yunani asli, kata PROPOLIS merupakan kombinasi 2 kata yaitu pro dan polis. Pro memiliki arti pertahanan, dan polis memiliki aarti kota. Secara umum arti kata PROPOLIS adalah pertahanan kota. Kota yang dimaksud dalam hal ini adalah sarang lebah, tempat dimana lebah bekerja dan hidup. Serangan dan gangguan yang mengancam kehidupan lebah dan tempat tinggal mereka bisa berupa bakteri yang menimbulkan penyakit, bisa pula berupa binatang-binatang kecil yang berusaha masuk untuk mengganggu mereka.
MANFAAT PROPOLIS 
Penggunaan 
PROPOLIS sebagai bahan alami untuk kesehatan manusia masih terus dipakai hingga saat ini dan menunjukan peningkatan yang luar biasa sejalan dengan Ilmu Pengetahuan hasil riset para ilmuwan tentang kegunaan PROPOLIS sebagai bahan campuran obat di dunia kedokteran. Sama seperti bagi para lebah, PROPOLIS digunakan pula oleh manusia dalam melindungi tubuh manusia dari serangan bakteri, virus dan jamur. Kecepatan kerja dan keaktifan dari PROPOLIS dalam bereaksi menahan serangan kuman merupakan keunggulan dari PROPOLIS dibandingkan dengan bahan alami serupa lainnya. Efek perlindungan akan segera terasa sesaat setelah mengkonsum PROPOLIS
.
Kegunaan 
PROPOLIS yang telah diketahui dari penelitian para ilmuwan biologi a.l:
1. Anti virus dan anti bakteri
2. Anti parasit- aktif dalam melawan Giardia sp. Dan Trichomonas sp.
3. Anti peradangan-menyembuhkan dan regenerasi
4. Anti oksidant- aktif mencegah penuaan dini
5. Anti tumor dan perlindungan terhadap radiasi
6. Meningkatkan imunitas tubuh- menstimulir produksi anti bodi
.
Studi ilmiah menyimpulkan bahwa 
PROPOLIS memerangi parasit Giardia sp yang menjadi penyebab gangguan dalam pencernaan pada anak2 dan gangguan di usus 12 jari pada orang dewasa. PROPOLIS juga memerangi Trichomonas sp. Yang menjadi penyebab peradangan vaginal dan saluran kemih pada wanita.
Fungsi penting dari 
PROPOLIS adalah menstimulir sistim imunitas tubuh dalam melawan penyakit. Hal ini sangat penting terutama bagi orang yang memiliki daya imunitas rendah atau mengalami penurunan jumlah lekosit dalam tubuh. Anak anak dengan daya tahan tubuh rendah ditandai dengan mudah terserang penyakit pernafasan. Setelah menggunakan PROPOLIS daya tahan tubuh mereka akan meningkat dan menjadi solusi bagi masalah gangguan saluran pernafasan yang terus berulang. PROPOLIS sangat efektif dalam penyembuhan radang amandel, sunisitis dan influenza. Secara umum manusia mendapatkan manfaat yang sangat besar dengan adanya PROPOLIS  Sangat sedikit orang yang memiliki alergi terhadap keajaiban alam ini.
.
Dari illustrasi anatomi lebah disamping, kita dapat segera tahu bahwa meskipun madu dikeluarkan dari perut lebah (di dalam Al Qur’an disebutkan di Surat An Nahl Ayat 69. Dari perut lebah itu keluar minuman yang bermacam-macam warnanya), namun ternyata madu ditempatkan di tempat khusus dalam perut lebah yang disebut perut madu (honey stomach, honey sac atau crop) yang terpisah dari perut besar lebah (large intestine atau stomach). Di dalam perut madu tersebutlah proses penguraian gula komplek (disakarida) diubah menjadi gula sederhana atau mono sakarida.
Sering terjadi kesalah pahaman di masyarakat seolah madu adalah kotoran lebah karena berasal dari perut lebah. Madu bukanlah kotoran lebah meskipun dalam prosesnya melalui perut lebah. Honey sac yang berada di perut lebah sebenarnya lebih merupakan tempat penyimpanan khusus untuk madu selama perjalanan lebah pekerja dari tempat pengambilan nectar sampai ke sarangnya. Selanjutnya nectar yang mayoritas berupa gula disakarida dalam bentuk sukrosa mengalami proses fisika dan kimia sekaligus selama perjalanannya di perut lebah dan dilanjutkan di sarang lebah.
Nectar yang diambil dari bunga-bunga tanaman mengandung gula dan kadar air yang tinggi (sekitar 60%), untuk menjadi madu kadar air ini harus diturunkan secara significant menjadi sekitar 20 % atau bahkan lebih rendah lagi. Proses fisika penurunan kadar air ini mulai terjadi pada saat lebah menjulurkan lidahnya (proboscis) untuk memindahkan Madu sedikit demi sedikit dari dalam perut madu (honey sac) ke sarang lebah. Didalam sarang lebah kadar air terus diturunkan lebih lanjut dengan laju penurunan yang lebih tinggi melalui putaran sayap-sayap lebah yang terus menerus mensirkulasikan hawa hangat ke seluruh ruangan dalam sarang lebah.
Proses kimia dari nectar menjadi Madu terjadi di dalam perut lebah ketika enzym invertase mengubah sukrosa (disakarida) menjadi glukosa dan fruktosa yang keduanya merupakan monosakarida seperti ditunjukkan di ilustrasi berikut ;
PROPOLIS berasal dari LEBAH telah digunakan oleh masyarakat sejak Ribuan tahun yang lalu, tetapi dengan berkembangnya Obat-obatan MEDIS kimiawi, akhirnya seperti terlupakan. Dan kini setelah terbukti Pengobatan Modern banyak menimbulkan efek samping dan juga banyak penyakit yang sulit disembuhkan oleh pengobatan dengan cara Modern, para ahli kesehatan mulai menggali dan meneliti obat-obatan tradisional yang dipakai oleh masyarakat kuno ribuan tahun yang lalu. Akhirnya muncullah PROPOLIS sebagai obat tradisional yang alami tanpa efek samping untuk Pengobatan dan juga untuk Kesehatan.

PROPOLIS Satu Obat untuk Berbagai Penyakit
PROPOLIS memiliki kemampuan mengobati berbagai macam penyakit berat bahkan untuk obat luar pun Bisa sebagai pembunuh Mikroba jika terjadi Luka, sehingga lukanya steril dari infeksi dan tentu cepat pulih tidak akan bernanah. Kegunaan PROPOLIS yang sedemikian Kompleks berkaitan dengan Kemampuan PROPOLIS dari hasil penelitian sebagai berikut :
a. Anti virus dan anti bakteri
b. Anti parasit- aktif dalam melawan Giardia sp. Dan Trichomonas sp.
c. Anti peradangan-menyembuhkan dan regenerasi
d. Anti oksidant- aktif mencegah penuaan dini
e. Anti tumor dan perlindungan terhadap radiasi
f. Meningkatkan imunitas tubuh- menstimulir produksi anti bodi
Dari fakta demikian sehingga tidaklah mengherankan jika PROPOLIS bisa menjadi Solusi untuk berbagai macam penyakit, bahkan Ampuh juga untuk penderita sakit komplikasi seperti, orang yang terkena penyakit Jantung sekaligus berpenyakit maag dan darah tinggi.

0 komentar:

Posting Komentar

Agar mendapatkan backlink, ketika memberi komentar disarankan untuk menggunakan Name/URL